Healthy Tips Cepat Paramex
Hidung Sering Tersumbat Saat Udara Dingin? Jangan Dibikin PeEr, Sob!

Hidung Sering Tersumbat Saat Udara Dingin? Jangan Dibikin PeEr, Sob!

Tubuh sudah dirancang dapat melindungi diri sendiri. Ketika kedinginan, organ lain dan hidung akan bahu-membahu menghangatkan tubuh. Namun udara dingin sebenarnya bukan penyebab hidung tersumbat. Apabila kamu menderita infeksi pernapasan lainnya seperti asma atau bronkitis, maka udara dingin dapat memicu hidung tersumbat.

Untuk itu kamu harus lebih cermat lagi dalam menghindari udara dingin. Tapi #JanganDibikinPeEr, Paramex punya cara mengatasi hidung tersumbat saat udara dingin. 

Banyak Gerak

Banyak gerak atau bahkan berolahraga sangat dianjurkan untuk kamu yang memiliki masalah pernapasan. Namun hindari gerakan atau olahraga yang terlalu berat seperti angkat beban atau berlari. Sebaliknya jalan santai, bersepeda, atau senam ringan justru bisa membantu kamu menjaga kebugaran tanpa terlalu membebani sistem pernapasan. 

Mandi Air Hangat

Ini salah satu cara terbaik untuk mengatasi hidung tersumbat, karena uap dari air hangat mampu membantu lapisan lendir di hidung menjadi menipis. Hal ini membuat pernapasan kembali normal. Cara efektif sebelum mandi air hangat adalah dengan menghirup uapnya dan itu akan membantu pernapasan. Usahakan suhu air yang digunakan tidak terlalu panas ya, sob!

Semprotkan Saline (Air Garam)

Gunakanlah semprotan saline atau air garam karena mampu meningkatkan kelembapan di area hidung. Semprotan saline juga dapat membantu mengencerkan cairan di hidung. Beberapa semprotan saline merupakan obat dekongestan. Maka dari itu, diharapkan untuk konsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan semprotan saline.

Berjemur

Sinar matahari yang hangat merupakan terapi alami untuk saluran pernapasan. Baik masalah saluran pernapasan bawah seperti batuk, maupun saluran pernapasan atas seperti flu, sinus, dan hidung tersumbat. Usahakan untuk meluangkan waktu berjemur setidaknya 15 menit. Karena dengan berjemur bisa mempermudah kamu mengeluarkan lendir dan melegakan pernapasan.

Nah itu dia beberapa cara dari Paramex untuk mengatasi hidung tersumbat saat berada di udara dingin. Selain cara diatas, kamu juga disarankan untuk minum air hangat ya sob, karena mampu membuat saluran pernapasan juga jadi lebih lega. 

 


Share This Article  

READ OTHERS