Healthy Tips Cepat Paramex
Tips Atasi Flu Agar Tidak Tambah Parah Di Musim Hujan

Tips Atasi Flu Agar Tidak Tambah Parah Di Musim Hujan

Flu biasanya menyerang hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Flu sangat umum terjadi di musim hujan dan mudah menular ke orang lain, terutama ketika 3–4 hari pertama setelah pengidapnya terinfeksi flu. 

Walau flu biasa adalah salah satu gangguan kesehatan paling umum, tapi gejala yang dirasakan bisa sangat mengganggu dan malah tambah parah. Untuk mengatasinya, kamu bisa dengan cara ini: 

Minum Banyak Air

Saat sakit, tubuh membutuhkan cairan yang lebih agar tidak dehidrasi dan dapat berfungsi dengan baik untuk melawan infeksi. Jika kekurangan cairan, dapat membuat gejala flu semakin parah. 

Kebutuhan cairan tidak hanya dipenuhi dari minum air putih, tetapi juga bisa dari makan sup, air kaldu, atau buah-buahan segar seperti air seperti semangka, pir, melon. Sobat bisa mendapatkan asupan cairan dari mana saja, kecuali minuman tinggi gula dan hindari minuman keras seperti alkohol ya sob. Karena bagaimanapun air putih tetap merupakan pilihan terbaik. 

Tubuh & Pikiran Harus Rileks 

Kalau pikiran sedang stres dapat membuat sistem kekebalan tubuh melemah, akhirnya lebih mudah terserang flu. Stres juga membuat hormon kortisol meningkat sehingga kekebalan tubuh semakin rentan. 

Saat mulai terkena flu, ada baiknya beraktivitas yang membantu tubuh dan pikiran rileks seperti meditasi, latihan pernapasan dalam, berolahraga, mandi air hangat, atau mendengarkan musik. 

Tidur Cukup 

Tidur yang cukup juga bagian penting dalam pemulihan saat flu. Saat gejala awal seperti tenggorokan tidak enak, bersin terus menerus, ingusan, dan mata berair mulai muncul, pastikan kamu memiliki jam tidur yang cukup sehingga sistem kekebalan tubuh memiliki kesempatan dalam melawan infeksi. 

Orang yang kekurangan waktu tidur dinilai dapat berisiko lebih besar terkena flu yang berlarut dibandingkan dengan orang yang memiliki jam tidur 7 jam per malam. Pastikan kamu beristirahat yang cukup setiap malam ya, sob! 

Nah itu dia beberapa tips dari Paramex untuk atasi flu saat di musim hujan supaya nggak tambah parah, jadi #JanganDibikinPeEr sob! 

 


Share This Article  

READ OTHERS