Healthy Tips Cepat Paramex
Tips Mengatasi Kaku Badan Setelah Olahraga

Tips Mengatasi Kaku Badan Setelah Olahraga

Mungkin kamu pernah mengalami nyeri otot setelah berolahraga secara intens. Kondisi ini bisa membuat seseorang kapok untuk kembali berolahraga. American College of Sports Medicine (ACMS) menyebut nyeri otot yang pernah kamu rasakan ini sebagai delayed onset muscle soreness (DOMS). Nyeri otot biasanya terjadi ketika kamu kembali berolahraga setelah rehat lama, mencoba gerakan baru, atau dosis latihan yang ditambah. Tapi kamu bisa mengatasinya dengan tips ini.

Kompres

Untuk mengatasi nyeri otot setelah berolahraga, kamu bisa mengompres pada area yang mengalami nyeri. Kompres dengan air dingin untuk membantu otot mengeluarkan cairan yang menyamarkan rasa nyeri. Tujuannya untuk meredakan area yang nyeri dan kaku atau bengkak pada otot.

Pilih Makanan yang Tepat

Makanan juga bisa meredakan nyeri otot, karena mampu untuk memperbaiki jaringan otot yang kaku. Namun perlu digarisbawahi, beberapa makanan ada yang bisa membantu penyembuhan rasa nyeri pada otot, tapi ada juga makanan yang bisa memperburuk keadaan inflamasi.

Saat merasakan nyeri otot setelah berolahraga, akan lebih baik kamu menghindari makanan yang mengandung kolesterol tinggi dan garam. Contohnya, seperti daging atau makanan yang diasinkan. Sebagai gantinya, pilihlah makanan yang mengandung sedikit kolesterol dan garam serta memiliki fungsi anti inflamasi seperti ikan.

Perbaiki Aliran Darah

Bagaimana sih cara memperbaiki aliran darah? Nggak sulit kok, bisa dengan melakukan pendinginan setelah berolahraga dengan berjalan lambat atau stretching ringan.

Perlu diketahui kalau pemanasan sebelum olahraga dan pendinginan setelah olahraga bertujuan untuk mengembalikan kondisi tubuh seperti semula. Jadi, pastikan kamu tidak melewatkan kebiasaan ini saat olahraga agar terhindar dari kaku badan ya. 

#JanganDibikinKaku kalau kamu mulai merasa badan kaku sehabis olahraga, kamu bisa mulai terapkan tips diatas ya! 


Share This Article  

READ OTHERS