Healthy Tips Cepat Paramex
Cegah Kaku Otot Saat Kedinginan

Cegah Kaku Otot Saat Kedinginan

Di musim hujan, orang cenderung mudah kedinginan dan malas berolahraga. Akhirnya jadi lesu dan berdampak pada otot yang menjadi kaku. Olahraga secara teratur selama 30 menit dapat membantu merangsang sirkulasi darah pada tubuh dan persendian lho. 

Tetap aktif saat kedinginan adalah kunci untuk memperkuat otot-otot tubuh, sehingga membantu meningkatkan fungsi sendi. Kamu bisa mengikuti beberapa tips ini untuk cegah kaku otot saat kedinginan di musim hujan: 

Jalan Kaki

Cara mengatasi kaku otot yang paling mudah dan sederhana untuk dilakukan adalah olahraga jalan kaki. Nggak perlu terburu-buru, kamu bisa melakukannya selama minimal 30 menit setiap harinya, misalnya dengan berjalan kaki keliling komplek di pagi atau sore hari, memanfaatkan alat treadmill, atau walking pad sehingga bisa dilakukan di rumah. Manfaat yang bisa didapatkan dengan rutin berjalan kaki adalah untuk memperbaiki sendi sekaligus mengurangi tekanan pada persendian karena menopang hampir sebagian besar berat tubuh. Apalagi, dengan berjalan kaki juga bisa membantu membakar lemak tubuh lebih banyak lho, sehingga bisa mengurangi berat badan serta menjaga kesehatan otot & sendi. 

Cari Kehangatan

Eits jangan salah paham dengan salah satu tips ini ya. Cari kehangatan yang dimaksud adalah dengan memakai pakaian hangat seperti jaket tebal, minum teh atau coklat panas saat musim hujan. Kamu juga bisa menyediakan plester elastis untuk mengurangi kaku otot pada sendi. Karena hujan lebat yang ditambah dengan paparan AC membuat udara semakin dingin dan membuat badan kaku lho! 

Banyak Gerak

Udara dingin emang paling nyaman kalau mendekap di bawah selimut terutama saat akhir pekan. Apalagi kalau di luar sedang hujan, tidur atau duduk sambil menikmati semangkuk sup hangat adalah pilihan nyaman. Padahal, aktif bergerak dapat mengurangi risiko kaku otot akibat udara dingin. Kamu bisa mulai dari peregangan santai selama 5 menit setelah bangun dan sebelum tidur, karena sangat efektif mencegah kaku otot pada tubuh. 

Nah, itu dia beberapa tips dari Paramex yang bisa kamu ikuti untuk cegah kaku otot pada tubuh saat kedinginan di musim hujan. Jadi, #JanganDibikinKaku ya! 

 


Share This Article  

READ OTHERS