Fun Facts Cepat Paramex
Deadline Kerjaan Bikin Overthinking? Jangan Dibikin Pusing!

Deadline Kerjaan Bikin Overthinking? Jangan Dibikin Pusing!

Apa yang biasanya kamu lakukan untuk menghilangkan overthinking akibat deadline kerjaan yang menumpuk? Beberapa orang mungkin mengusir stres atau overthinking-nya dengan mendengarkan musik atau berkumpul dengan teman selepas jam pulang kantor, tapi sebenarnya kamu bisa juga lho mengusir overthinking kamu hanya dari meja kerja. Mau tau gimana caranya?

Ada beberapa gerakan/pose yang bisa kamu lakukan di meja kerja untuk mengurangi beban pikiran dan hanya butuh waktu sebentar saja. Simak yuk!

Squat

Kamu bisa lakukan pose ini buat ngatasin overthinking kamu. Pose pertama adalah squat atau gerakan berjongkok, kamu bisa melakukannya di atas kursi kantor dengan gerakan duduk-berdiri yang dilakukan secara berulang. 

Jangan lupa untuk memastikan kursi kerjamu tidak bergerak terlebih dahulu agar olahragamu tidak terganggu. Pastikan kursi stabil, jadi kalau masih goyang atau jalan-jalan kamu bisa lock dulu. 

Angkat kaki

Pose berikutnya selain mengatasi overthinking juga mampu melatih kekuatan otot perut lebih intens. Caranya, kamu bisa duduk di atas kursi seperti biasa lalu angkat kedua kaki dengan posisi lurus. Jika tidak mampu mengangkatnya dalam posisi lurus, kamu bisa mengangkat kedua kaki dalam posisi menekuk. Jangan lupa untuk merapatkan kedua kaki dan mengencangkan otot perut saat melakukannya secara berulang. Tapi perlu diingat ya, jangan dilakukan di depan bos hehe.

Durasi olahraga bisa disesuaikan dengan waktu luangmu. Misalnya, 30 detik atau bisa lebih jika waktu luangmu lebih banyak.

Meditasi

Pose terakhir paling gampang dan simpel nggak butuh  banyak gerakan, tapi perlu konsentrasi. Kamu bisa cari posisi duduk yang paling nyaman, lalu kamu boleh duduk bersandar di kursi atau duduk selonjoran di lantai sambil bersandar ke tembok. Berikut langkah-langkah meditasi yang bisa kamu ikuti:

  1. Pejamkan mata.
  2. Ambil nafas sedalam yang kamu mampu. Selama menarik nafas, bayangkan sesuatu yang membuatmu dipenuhi dengan perasaan damai dan tenang.
  3. Hembuskan pelan-pelan lewat mulut. Selama menghembuskan nafas, rasakanlah otot-otot badanmu merileks. 
  4. Ulangi beberapa kali sampai nafas teratur dan biarkan diri fokus pada sensasi dan suara di sekitar.
  5. Sekarang, ucapkanlah “mantra positif” dalam hati setiap kali akan mengambil napas. Misalnya kamu bisa mengucapkan “Aku pasti bisa” yang memotivasi atau “Terima kasih karena aku masih bisa bernafas hari ini” untuk mensyukuri hidup.
  6. Saat menghembuskan nafas, ucapkan mantra seperti “Pergilah pikiran negatif bersama hembusan nafas ini”. Agar lebih efektif, bayangkan juga semua stres dan kecemasan ikut terbuang bersama nafas yang kamu hela.
  7. Lanjutkan selama 10 hingga 20 menit.

Nah gerakan/pose diatas ini akan membantu kamu kembali fokus dan semangat ngerjain deadline kerjaan. Semangat terus ya guys kerjanya!


Share This Article  

READ OTHERS