Healthy LifeStyle Cepat Paramex
Tips #JanganDibikinPeEr untuk Tetap Sehat di Musim Pancaroba

Tips #JanganDibikinPeEr untuk Tetap Sehat di Musim Pancaroba

Cuaca yang nggak menentu ini biasanya akan mengundang bakteri dan virus untuk menginfeksi tubuh sehingga menyebabkan pilek, flu, batuk, hingga sakit tenggorokan.

Meskipun semua penyakit musim pancaroba tersebut dapat diobati dengan mudah, gejala yang ditimbulkan tetap saja mengganggu kenyamanan kamu dalam beraktivitas.

Siapa pun tentu nggak mau sakit, bukan? Nah, kunci untuk menjaga kesehatan di musim pancaroba adalah meningkatkan sistem imun. Meningkatnya sistem imun membuat tubuh lebih responsif terhadap zat asing. Selain itu, antibodi yang dihasilkan untuk melawan patogen (bibit penyakit) pun akan jauh lebih kuat. 

Jadi tetap sehat di musim pancaroba bisa kok, jangan dibikin pe-er. Ikuti tips dibawah ini ya!

Olahraga

Cuaca selama musim pancaroba mungkin membuat kamu malas untuk berolahraga. Tapi, jangan jadikan ini sebagai alasan. Karena olahraga merupakan aktivitas yang menyehatkan tubuh, tentunya kegiatan ini akan sangat bermanfaat kalau kamu ingin menjaga kesehatan di musim pancaroba.

Olahraga akan merangsang produksi hormon dopamin. Hormon ini bertugas untuk memperbaiki suasana hati dengan membuat perasaan kamu jadi lebih senang dan bahagia. Selain itu, dopamin juga digunakan oleh sel-sel kekebalan untuk mengatur respons tubuh terhadap infeksi.

Nggak perlu memilih jenis latihan yang sulit, kamu bisa mencoba untuk lari, jogging, jalan santai, atau bersepeda.

Minum Air Putih Yang Cukup

Tips selanjutnya yang perlu kamu lakukan untuk menjaga kesehatan di musim pancaroba adalah mencukupi kebutuhan air setiap hari. Air tidak hanya meredakan dahaga, tapi juga menjaga kelembaban tubuh dan menjadi komponen utama dari pembentukan plasma darah.

Selain itu, air membantu mengedarkan oksigen ke seluruh bagian tubuh dan membantu mengeluarkan zat yang tidak dibutuhkan tubuh.

Jika tubuh kekurangan cairan, organ tubuh tidak dapat bekerja dengan efektif, termasuk sistem kekebalan tubuh kamu. Untuk itulah, mencukupi kebutuhan air sangat penting untuk mencegah sakit.

Namun kebutuhan air setiap orang itu berbeda-beda lho, tergantung dengan usia, kondisi kesehatan, dan aktivitas yang dilakukan. Kisaran banyaknya air yang harus dipenuhi anak-anak dan orang dewasa setiap hari yaitu 1200 hingga 2000 mL atau sekitar delapan gelas sehari.

Penuhi Asupan Makan Bergizi

Nggak hanya menjaga organ tubuh agar bekerja secara normal, beberapa makanan bisa mencegah penyakit karena kandungan vitamin C, zat besi, dan protein di dalamnya ternyata secara khusus dapat mendukung sistem kekebalan tubuh.

Kamu dapat memenuhi kebutuhan gizi tersebut dari berbagai makanan seperti jeruk, daging merah, telur, ikan, dan sayuran hijau.

Sebaliknya, kurangi asupan makanan yang mengandung lemak tinggi, pengawet, atau pemanis buatan. Terlalu banyak mengonsumsi jenis makanan tersebut dapat memicu peradangan dalam tubuh.

Nah itu dia beberapa tips untuk tetap sehat saat cuaca nggak menentu di musim pancaroba. Ingat, jangan dibikin pe-er ya! Yuk mulai jaga kesehatan!

 


Share This Article  

READ OTHERS