Fun Facts Cepat Paramex
Post Holiday Blues Bikin Pusing? Ini Tipsnya!

Post Holiday Blues Bikin Pusing? Ini Tipsnya!

Orang yang mengalami post-holiday blues akan lebih sering mengeluh. Biasanya karena mood liburan masih sangat terasa, padahal sudah harus kembali dan berfungsi dalam ritme hidup yang normal seperti kerja atau belajar.

Sebenarnya, kenapa post-holiday blues bisa terjadi, bukannya liburan sangat baik untuk kesehatan mental ?

Hal tersebut bisa disebabkan beberapa hal, seperti:

  1. Kebahagiaan saat liburan biasanya nggak bertahan lama.
  2. Keadaan rumah yang berantakan dan nggak sebersih atau sebagus tempat menginap ketika berlibur.
  3. Menghadapi kenyataan seperti menumpuknya pekerjaan kantor & rumah pasca berlibur.

Makanya nggak heran kalau post-holiday blues bisa bikin pusing! Untuk itu, kamu bisa mengatasinya dengan cara ini:

Istirahat Usai Liburan 

Kebanyakan orang pulang kerumah pada saat hari terakhir liburan. Justru hal ini dapat memicu post-holiday blues karena tidak memiliki cukup waktu untuk beristirahat usai berlibur. Maka dari itu, dianjurkan alangkah baiknya untuk pulang ke rumah sekitar 1 atau 2 hari sebelum kembali beraktivitas seperti biasa.

Rencanakan Hari Transisi

Di sisa 1-2 hari libur, kamu bisa gunakan untuk belanja bulanan, olahraga, dan menyelesaikan segala urusan mendadak yang mungkin muncul saat kamu pergi liburan. Jangan kembali ke rumah dari liburan di waktu yang terlalu mepet dengan hari pertama kembali bekerja atau hari pertama sekolah untuk anak-anak. Waktu transisi ini harus digunakan sebagai periode adaptasi kembali ke rutinitas.

Beres-beres Rumah Sebelum Liburan

Pastikan rumah dalam keadaan bersih dan rapi sebelum ditinggal berlibur, supaya nggak menambah beban pekerjaan saat kamu pulang nanti. Mungkin biasanya kamu menunda membereskan rumah yang berantakan hingga sehabis pulang liburan. Namun sebenarnya, pulang ke rumah yang berantakan bisa mengurangi rasa bahagiamu sehabis liburan lho.

Untuk itu, beres-beres rumah sebelum pergi liburan mungkin akan memberi kesan “Selamat datang kembali di rumah yang rapih” saat pulang liburan. Dengan keadaan kasur yang rapi, rak buku yang tertata, dan kamar mandi yang bersih, kamu nggak akan merasa frustasi karena harus membereskan rumah setelah capek liburan.

Jadi, atasi post-holiday blues #JanganDibikinPusing ya, kamu bisa terapkan tips di atas! 

 


Share This Article  

READ OTHERS