Fun Facts Cepat Paramex
Gaji Habis di Pertengahan Bulan? Jangan Dibikin Pusing!

Gaji Habis di Pertengahan Bulan? Jangan Dibikin Pusing!

Penyebab hal ini bisa jadi beragam, bisa karena pengeluaran mu yang tiba-tiba meningkat dan tidak terkontrol, bisa juga karena kondisi yang mulai kembali ke aktivitas baru dari yang mulanya WFH menjadi WFO, atau keadaan lainnya.

Tapi, kamu perlu tau bahwa penyebab utama dari ini semua adalah karena kamu belum bisa mengelola gaji mu dengan baik dan benar. Dengan begitu gaji kamu bisa cepat habis di tengah-tengah bulan. Coba terapkan beberapa tips ini untuk mengelola gaji bulanan kamu agar bisa awet dan stabil setiap bulannya.

List Kebutuhan Bulanan

Berapapun gaji kamu saat ini kamu harus membuat list untuk budget bulanan, coba alihkan dengan baik sesuai dengan kebutuhan prioritas kamu terlebih dahulu. Budget bulanan ini merupakan suatu strategi keuangan dimana jumlah uang yang harus dikeluarkan untuk setiap kebutuhan. Misalnya kamu memisahkan budget untuk kesehatan, belanja sembako, kebutuhan pokok, transportasi, hingga budget belanja konsumtif atau budget untuk hiburan.

Jadi, kamu harus mencoba untuk membuat budget mingguan atau bulanan terlebih dahulu, dan patuhi budget kebutuhan yang sudah kamu buat untuk menahan pemakaian uang gajian mu. Agar kedepannya uang gajian mu bisa awet hingga waktu gajian selanjutnya.

Catat Pemasukan & Pengeluaran

Setelah kamu sudah menentukan budget bulanan, kamu perlu mencatat uang yang masuk dan keluar. Tujuannya untuk mengetahui aliran uangmu kemana saja selama ini.

Disini kamu perlu mencatat sedetail-detailnya, buatlah catatan harian dan lakukan evaluasi mingguan agar tidak terlewat. Dari sini kamu akan mengetahui apakah pengeluaranmu lebih besar dari pemasukanmu.

Ketika evaluasi mingguan, kamu akan menemukan kebiasaan kecil yang membuatmu sadar bahwa keuanganmu boros atau tidak selama ini. Disini kamu harus konsisten dalam melakukannya dan lihatlah perubahan pada gaji kamu seterusnya.

Bijaklah Menggunakan Dompet Digital

Agar tidak menjadi orang yang impulsif, gunakan dompet digital atau e-wallet seperlunya saja. Dalam hal ini kamu hanya perlu menggunakannya di waktu-waktu tertentu atau kebutuhan prioritas saja.

Kendalikan dirimu agar tidak tergiur oleh promo diskon, cashback atau pay later di tengah bulan. Jadilah pengguna yang bijak dalam menggunakan uang digital atau e-wallet mu sehingga tidak boros.

Terapkan Gaya Hidup Sederhana

Kalau kamu sering merasa gajimu menjadi minus dan sampai perlu meminjam uang untuk menambahkan biaya hidup hingga akhir bulan, mungkin ini saatnya untuk kamu mengevaluasi gaya hidupmu. Cobalah melatih diri untuk menekan gaya hidup yang sehat dan sederhana.

Hal ini bisa dimulai dengan mengurangi membeli makanan dan minuman online dengan mencoba memasak makanan sendiri, dan kurangi juga belanja barang-barang mewah. Perbanyak rasa bersyukur atas apa yang sudah kamu miliki selama ini, bayar hutang-hutang mu dan jangan menambahnya jika belum sepenuhnya lunas.

Syukuri berapapun gaji yang kamu peroleh dan berubahlah menjadi lebih baik. Dengan begitu, berapapun gaji yang kamu terima pasti akan cukup bila bersyukur dan dikelola dengan baik sesuai kebutuhan. 

Nah, itu dia beberapa tips untuk mengelola gaji. Mulai ikuti tipsnya dari sekarang dan #JanganDibikinPusing biar nggak pusing di tengah bulan. 


Share This Article  

READ OTHERS