Infographics Cepat Paramex
Anti Pusing Atur Uang Tanpa Beban Bisa Stabil Sampai Akhir Bulan

Anti Pusing Atur Uang Tanpa Beban Bisa Stabil Sampai Akhir Bulan

Kalau kamu susah untuk mengatur keuangan dan selalu habis di tengah bulan, Paramex punya caranya untuk kamu mengatur keuangan tanpa beban. #JanganDibikinPusing, sob! Yuk coba mulai terapin tips di bawah ini. 

Catat Cash Flow

Mulai catat pengeluaranmu selama satu bulan. Fungsinya biar gaji kamu nggak kayak air terjun ngalir terus tanpa ke-track. Selain buat tahu cash flow, catatan pengeluaran juga bisa untuk mengestimasi biaya yang dibutuhkan tiap bulan, misalnya untuk makanan, biaya tempat tinggal, ataupun transportasi. Kamu bisa mencatat pengeluaran kamu di notes, excel, atau aplikasi keuangan yang fungsinya sebagai money manager

Kurangi Sifat Konsumtif

Jangan lebih besar pasak daripada tiang ya, sob! Gaya hidup juga mempengaruhi pengeluaran kamu. Penting untuk bisa bedain mana kebutuhan dan keinginan. Atur waktu kapan kamu mau healing atau refreshing tiap tahunnya, setahun sekali atau dua kali sudah lebih dari cukup. Terutama untuk kamu yang tinggal di kawasan ibu kota, ikuti tren nggak harus buang biaya banyak guys! 

Mulai Investasi

Kamu bisa alokasikan 10% gaji kamu untuk diinvestasikan jangka panjang. Kamu bisa menabung melalui deposito di bank, reksadana, atau saham. Jika kamu memiliki modal tabungan yang lebih kamu juga bisa berinvestasi di wadah crowdfunding, sehingga  kamu memiliki passive income! 

Seperti peribahasa jaman dulu, banyak jalan menuju roma. Banyak jalan mudah untuk kamu mengatur keuangan. Intinya #JanganDibikinPusing, atur pengeluaran dengan bijak dan sesuai dengan kebutuhan. Jangan sampai gaji kamu habis untuk penuhi gaya hidup yang tinggi. 

 


Share This Article  

READ OTHERS