Infographics Cepat Paramex
Ada Kemungkinan Drama Resesi, Ini Dia Cara Aman Menghadapinya!

Ada Kemungkinan Drama Resesi, Ini Dia Cara Aman Menghadapinya!

Apa penyebab resesi? Biasanya karena melemahnya perekonomian global yang akan mempengaruhi ekonomi domestik negara-negara di seluruh dunia. Bahaya dari resiko ekonomi melemah dapat menyebabkan terjadinya penurunan semua aktivitas seperti keuangan perusahaan, investasi secara bersamaan, maupun lapangan pekerjaan. Bikin khawatir kan? Bahkan resesi juga bisa membuat kenaikan harga barang-barang yang tajam atau inflasi dalam proses yang disebut stagflasi. 

Meski berita resesi bikin anxiety, coba #JanganDibikinDrama dengan ikuti tips ini! 

Cari Kerjaan Sampingan 

Jika memungkinkan, ada baiknya untuk mencari pekerjaan sampingan selain mengandalkan pekerjaan utama. Kamu bisa memulainya dengan memanfaatkan hobi seperti memulai berbisnis dan menghasilkan pemasukan tambahan. Bahkan kamu juga dapat berjualan online, mengingat maraknya e-commerce. 

Hal ini dapat membantu kamu melunasi utang lebih cepat sehingga dapat meningkatkan skor kredit, dan mengumpulkan tabungan untuk membeli kebutuhan penting. 

Belajar Skill Baru 

Mau nggak mau cara aman untuk menghadapi resesi adalah harus terus mengembangkan diri. Seperti pepatah yang mengatakan bahwa semakin kamu belajar, semakin banyak juga yang kamu hasilkan. Nah, dengan belajar skill baru juga memungkinkan kamu untuk mendapatkan pekerjaan baru yang mungkin bisa jadi jauh lebih baik untuk karir kamu kedepannya. 

Buat Dana Pensiun 

Apabila tujuan kamu adalah menabung untuk jaminan masa depan yang aman, maka cara yang terbaik adalah dengan membuat dana pensiun untukmu sendiri. Dana ini biasanya merupakan instrumen tabungan jangka panjang yang dapat memberimu penghasilan yang tetap setelah pensiun nanti. 

Itulah beberapa cara aman untuk menghadapi resesi apabila terjadi, dan mungkin cara ini nantinya bisa kamu terapkan sejak dini sebelum terlambat. Yuk nggak perlu pusing apalagi sampai anxiety. Pokoknya #JanganDibikinDrama deh, mari hadapi kemungkinan resesi dengan penuh kesiapan jiwa dan raga. 


Share This Article  

READ OTHERS