Healthy LifeStyle Cepat Paramex
Cara Gampang Cegah Flu & Batuk Dengan Tidur Berkualitas

Cara Gampang Cegah Flu & Batuk Dengan Tidur Berkualitas

Sistem kekebalan tubuh adalah pertahanan terbaik kamu dari flu dan batuk. Cara yang sangat simple sebenarnya dengan tidur malam yang berkualitas. Tidur sekitar 8 jam per hari telah terbukti mengurangi resiko terserang flu dan batuk.

Dalam penelitian, orang-orang yang tidur kurang dari 6 jam memiliki kemungkinan tiga kali lebih besar jatuh sakit dibandingkan orang-orang yang tidur 8 jam atau lebih per hari. Jika kamu biasanya tidur 8 jam per hari dan kamu kehilangan waktu tidur sedikitnya rata-rata 10 menit per malam, kamu lebih besar kemungkinannya terserang flu dan batuk.

Dengan membuat perubahan-perubahan kecil pada gaya hidup, kamu dapat membantu memastikan tidur berkualitas yang cukup. Ingatlah tips ‘ASLEAP’ berikut:

  1. Avoid, hindari seperti kafein, nikotin, alkohol dan olahraga tengah malam.
  2. Set aside, sisihkan waktu di sore hari untuk jauh dari kamar tidur dengan menyelesaikan setiap kegiatan dan membuat rencana untuk hari berikutnya.
  3. Limit, batasi kamar tidur karena kamar hanya untuk tidur dan relaksasi. Jangan dibiasakan mendengarkan radio, membaca buku atau menonton TV di atas tempat tidur.
  4. Exercise, olahraga di pagi hari untuk membantu memelihara ritme tidur alami tubuh kamu.
  5. Avoid, hindari bangun siang. Usahakan untuk bangun tidur di waktu yang sama setiap hari, sekalipun di akhir pekan, misalnya selalu bangun di jam 6 pagi.
  6. Plan, rencanakan sebelum tidur dengan melakukan rutinitas yang teratur misalnya, seperti mandi air hangat terlebih dahulu, supaya tidur lebih nyenyak.

Patut diingat bahwa gangguan tidur yang terjadi secara reguler bisa menjadi sinyal dini sleep disorder. Tapi coba #JanganDibikinPeEr, kamu bisa mulai terapkan tidur berkualitas dengan tips dari Paramex Flu & Batuk di atas. 


Share This Article  

READ OTHERS