7 ide bisnis sampingan untuk mahasiswa

Jadi mahasiswa emang menyenangkan, tapi terkadang emang ada suka duka tersendiri. Apa lagi kalo belum sampe akhir bulan, uang jajan udah habis karena kepake untuk beli buku atau paling umum buat ngerjain tugas akhir. Bener gak? Kalo udah gitu, pasti muncul pertanyaan apa yang bisa dilakuin biar uang jajan bertambah demi nyelesain tugas tanpa nyusahin orang tua. Yuk, liat 7 ide bisnis yang pas banget buat mahasiswa.

  1. Buka Jasa Foto Kopi

Buat mahasiswa, foto kopi gak akan pernah selesai sampe wisuda. Dari satu tugas ke tugas lain, pasti ada aja bahan yang harus kita punya. Nah, manfaatin peluang ini untuk nambahin uang jajan. Caranya, tawarin temen-temen untuk pake jasa kamu. Dijamin mereka bakalan seneng karena gak ribet nyari tukang foto kopi plus nenteng banyak bawaan ke kampus.

  1. Jualan Kue

Siapa sih yang gak sebel sama kelas pagi? Udah harus bangun lebih awal, macet, dan gak sempet sarapan. Ini kesempatan kamu buat cari keuntungan lho. Kamu bisa beli kue basah dan jualin lagi ke temen-temen bahkan dosen. Emang harus berangkat lebih pagi, tapi percaya deh gak ada yang gak butuh kue ekspres kamu ketika gak sempet makan pagi.

  1. Jadi Asisten Dosen

Buat kamu yang punya bakat gampang deket sama orang, khususnya dosen, ayo gunain sebaik-baiknya. Banyak kok dosen yang suka cari jasa ini dari mahasiswanya, apa lagi kalo mereka sibuk banget. Eits, ini bukan cari muka, melainkan pembuktian diri kalo kamu emang pantes jadi asisten dosen. Untungnya lagi, kamu bisa dapet uang jajan plus bikin surat lamaran kerja yang oke punya!

  1. Cari Kerja Part Time

Kalo kamu ngerasa gak cocok jadi asisten dosen, kamu bisa kok cari kerja part time di luar sana. Biasanya banyak tempat khususnya restoran dan toko baju yang suka cari kru paruh waktu. Sst, kerja part time gini bikin kamu berpengalaman sebelum terjun ke dunia kerja beneran lho.

  1. Jadi Guru Les

Manfaatin ilmu-ilmu yang pernah kamu pelajarin waktu masih jadi anak sekolah. Tawarin sodara-sodara, tetangga atau temen-temen yang punya adik untuk bantu ngajarin pelajaran yang sulit bagi mereka. Selain dapet uang jajan, berbagi ilmu itu manfaat yang bagus banget!

  1. Buka Jasa Ketik

Selain foto kopi yang bikin mahasiswa ribet, ngetik tugas seharian emang bikin bete. Manfaatin momen ini dengan tawarin jasa ketik ke temen-temen kamu yang anti mau susah ketika nugas. Walaupun emang capek, pasti kebayar kok kalo udah beres!

  1. Garage Sale

Ini bisa jadi cara yang paling menyenangkan! Tinggal bongkar lemari dan cari baju plus barang lama yang udah gak kepake. Biar makin seru, ajak juga temen-temen kamu buat ikutan ngadain garage sale. Keuntungan bisa gede banget dan bisa langsung bantu kamu selesain tugas lho.

Nah, itu dia 7 ide bisnis sampingan buat mahasiswa. Jangan lupa sedia Paramex selalu biar gak nyeri otot setelah jualan dan angkat-angkat barang seharian. Kalo kamu, kira-kira usaha apa ya yang bakalan kamu lakuin untuk nambah uang jajan?