Umur 25 Masih Gini-Gini Aja? Jangan Dibikin Drama!

05/11/2022 11:32:01

Yang umur 25 tahun yuk ngumpul yuk! Pernah nggak sih kamu ngerasa di umur yang udah segitu tapi masih gini-gini aja? Jangan dibikin drama ya, semua orang pasti pernah mengalami fase itu.

Ketika menginjak umur 25 tahun, kamu harus menentukkan arah dan pilihan hidup. Hal ini menjadi suatu tantangan tersendiri, karena akan mempunyai tanggung jawab lebih berat dibandingkan sebelumnya. Fase peralihan dari remaja ke dewasa memang menjadi kondisi yang sulit bagi sebagian orang. Munculnya berbagai masalah kehidupan mulai dari karier, keluarga, percintaan, hingga finansial. Dan mulai sering membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Relate?

Tapi jangan dibikin drama, coba atasi dengan beberapa cara di bawah ini supaya kamu lebih rileks dalam menjalani hari-hari di umur 25 tahun.

Kurangi main media sosial

Media sosial dapat jadi salah satu penyebab seseorang merasa kurang berharga atau nggak percaya diri lho. Melalui media sosial, memungkinkan kamu sering membandingkan pencapaian hidup dengan orang lain. Penggunaan media sosial yang berlebihan juga bisa menyebabkan stres, kebingungan, merasa gagal, bahkan kehilangan motivasi hidup. Kamu boleh melihat kesuksesan orang lain sebagai motivasi hidup yang lebih baik. Tapi perlu juga untuk membatasi penggunaan media sosial dan tidak membandingkan diri dengan orang lain ya!

Nabung, Nabung, dan Nabung!

Memasuki umur 25 tahun kamu jangan lupa juga harus mulai nabung sedikit demi sedikit. Apalagi Kalau kamu punya mimpi mau cepat kaya di usia muda, kamu harus melatih diri untuk menabung setiap ada uang masuk. Gak usah muluk-muluk, bisa dimulai dari menabung 30-50% dari gaji bulanan kamu. Tau peribahasa sedikit demi sedikit jadi bukit, kan? Biar kamu nggak bingung gara-gara uangnya kecampur, lebih baik bikin rekening baru untuk misahin uang tabungan. Satu rekening operasional untuk keperluan sehari-hari, satu rekening tabungan yang nggak boleh diganggu gugat. Yakin deh, terbiasa mengatur keuangan dari awal akan memudahkan hidup kamu di kemudian hari!

Cari Side Job atau Freelance

Kamu juga bisa mulai perbanyak source of income. Sebagai first jobber di dunia kerja, kamu nggak bisa cuma mengandalkan gaji doang. Coba sisihkan waktu untuk cari-cari freelance atau side job yang kamu sukai. Misalnya, kamu bisa desain logo, website untuk brand, jadi penulis, dan masih banyak lagi. Selain mengasah skill dan memperluas network, punya side job juga bisa nambah pemasukan atau tabungan. Selangkah lebih dekat untuk mewujudkan mimpi-mimpi kamu di umur 25!

Itu dia beberapa tips buat kamu di umur 25 yang merasa masih gini-gini aja. Tenang jangan dibikin drama, semua orang punya waktunya masing-masing ya!