Tips Anti Drama Saat Pelihara Ikan Cupang

Ikan cupang dan owner-nya bahagia

Sekarang, ikan cupang lagi hits banget ya guys! Orang-orang pada beli ikan cupang sebagai bentuk hiburan di tengah pandemi kayak gini. Tapi memelihara ikan cupang bukan cuma sekedar ngasih makan loh. Ikan cupang juga bisa stres! Kalo udah stres kayak gini, biasanya nafsu makannya jadi kurang banget dan akhirnya mati dengan waktu yang nggak lama. Hal ini malah jadi drama buat ownernya deh!

 

Udah jangan dibikin drama lagi, ini tipsnya biar ikan cupang nggak stres.

 

1. Berikan Wadah Dengan Ruang Yang Cukup

Ini penting banget loh biar cupang gak stres. Kamu kalo dibiarkan di ruangan sempit pasti stres kan? Nah ikan cupang juga begitu. Nggak perlu terlalu besar, yang penting cukup aja. Akuarium kecil pun masih bisa kamu gunakan untuk memelihara ikan cupang kok.

 

2. Bersihkan Akuarium

Ini juga hal yang penting loh. Akuarium ikan cupang juga harus dibersihkan secara rutin, termasuk penggantian air. Usahakan memberihkan akuariumnya tiga hari sekali. Tapi untuk yang tidak punya waktu banyak, usahakan maksimal seminggu sekali membersihkan akuarium tersebut.

 

3. Cara Memindahkan Ikan Cupang

Saat mau membersihkan akuarium, tentunya ikan cupang harus dipindahkan ke wadah lain terlebih dahulu dong. Nah hal kayak gini nggak bisa asal loh! karena bisa banget buat ikan cupang stres. Paling penting, jangan gunakan tangan langsung untuk memindahkannya. Sebaiknya menggunakan jaring ikan aja. Karena ikan cupang perlu adaptasi saat dipindahkan ke wadah dan air yang baru, sebaiknya air dari akuarium sebelumnya dituangkan terlebih dahulu ke wadah baru ini. Hal tersebut dilakukan biar ikan cupang bisa beradaptasi lebih cepat.

 

Nah itu lah tips biar ikan cupang nggak stres dan owner-nya jadi nggak drama!