Fun Facts Cepat Paramex
Susah Fokus Kerja Pas Puasa? Jangan Dibikin Pusing!

Susah Fokus Kerja Pas Puasa? Jangan Dibikin Pusing!

Sering gagal fokus saat kerja di bulan puasa? Ini mungkin aja terjadi, karena saat berpuasa kamu harus mengubah rutinitas sehari-hari, seperti bangun lebih awal untuk sahur, juga nggak makan dan minum dari pagi sampai menjelang magrib.

Penyebab gagal fokus juga terjadi karena kesalahan menu makan dan minum saat sahur seperti terlalu banyak makan karbohidrat hingga kurang minum air mineral.

Nah, supaya kamu di kantor bisa tetap fokus kerja selama berpuasa, ada beberapa hal kecil yang bisa kamu coba lakukan:

Catat to-do-list

Lagi ngerjain kerjaan tapi perut lapar gara-gara puasa, akhirnya pekerjaanmu jadi  nggak selesai. Aduh, jangan dibikin pusing deh! Namanya berpuasa, rasa lapar pasti ada, tapi bukan berarti kamu jadi nggak produktif. Daripada pagi-pagi udah sibuk melihat-lihat foto makanan di Instagram, lebih baik buat to-do-list untuk pekerjaaan yang akan kamu kerjakan supaya tidak terbengkalai. Atasi rasa lapar dengan tidak melewatkan sahur ya!

Ambil Napas Dalam

Selain karena waktu tidur yang berkurang saat berpuasa, mengantuk dan konsentrasi kerja yang menurun bisa disebabkan karena kurangnya asupan oksigen di otak. Jadi, saat mulai mengantuk, coba tarik napas yang panjang beberapa kali. Atau, bisa juga berjalan dari ruangan kantor untuk menghirup udara di ruangan terbuka, supaya kamu merasa lebih fresh.

Manfaatkan waktu istirahat untuk meditasi

Para ilmuwan telah menemukan bahwa meditasi dapat meningkatkan fungsi otak yang berkaitan dengan rentang perhatian. Nggak ada salahnya waktu istirahat dipakai untuk meditasi agar dapat mengerjakannya lagi untuk jangka waktu yang lebih lama.

Rapihkan meja kerja

Kondisi meja kerja yang rapi, bisa bikin kamu lebih nyaman untuk menyelesaikan pekerjaan. Jadi, sebelum menyalakan laptop dan membaca e-mail, kamu perlu membereskan tumpukan file, buku, majalah, dan membuang sticky notes yang sudah tidak terpakai, supaya fokus kerja nggak mudah teralihkan.

Jangan dibikin pusing ya, karena puasa bukan lagi jadi alasan hilangnya fokus kerja, asalkan kamu melakukan beberapa hal sederhana tadi. Nah, supaya bisa tetap semangat kerja saat berpuasa, jangan lupa menyapa rekan kerja di kantor. Bikin suasana kerja jadi happy!


Share This Article  

READ OTHERS