Healthy LifeStyle Cepat Paramex
Mulai Gejala Flu & Batuk? Coba Atasi Dengan Makanan Ini

Mulai Gejala Flu & Batuk? Coba Atasi Dengan Makanan Ini

Kalau lagi flu & batuk, nafsu makan jadi cenderung menurun. Tapi kamu harus tetap mencukupi kebutuhan nutrisi melalui makanan bergizi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kamu supaya gejala flu & batuk bisa cepat teratasi. 

Ada beberapa jenis minuman dan makanan untuk meredakan gejala flu yang dapat kamu coba konsumsi, diantaranya:

Teh Jahe

Jahe adalah salah satu obat tradisional yang sudah cukup umum dikonsumsi untuk meredakan batuk, pilek, dan sakit tenggorokan akibat flu. Tidak hanya itu, berbagai riset juga menyatakan bahwa jahe memiliki efek antivirus.

Untuk mendapatkan manfaat jahe guna mengobati gejala flu, kamu bisa mengolahnya menjadi minuman teh jahe hangat yang ditambahkan madu dan lemon.

Lemon dan Jeruk

Jeruk dan lemon merupakan sumber antioksidan, seperti flavonoid dan vitamin C yang penting untuk memperkuat daya tahan tubuh. Dengan daya tahan tubuh yang kuat, virus flu akan lebih cepat musnah di dalam tubuh. Tidak hanya itu, asupan vitamin C juga dapat mempercepat proses penyembuhan dari sakit flu.

Oleh karena itu, buah-buahan yang kaya vitamin C seperti jeruk dan lemon  dapat dikonsumsi sebagai makanan untuk meredakan flu. Selain kedua macam buah tersebut kamu juga bisa mencukupi asupan vitamin C dengan jenis buah lain seperti jambu biji, mangga, apel, dan kiwi.

Sup Ayam

Sup ayam adalah salah satu makanan yang mudah dibuat dan baik dikonsumsi saat flu. Sup ayam terdiri atas kaldu ayam, sayuran, dan daging ayam yang dapat memenuhi asupan cairan serta nutrisi yang diperlukan tubuh.

Selain itu kaldu ayam juga memiliki efek anti-inflamasi pada tubuh yang dapat membantu meredakan pembengkakan yang terjadi pada hidung dan bagian sinus. Sayuran yang ditambahkan pada kuah kaldu ayam ini juga penuh dengan antioksidan dan fitokimia yang dapat membantu mempercepat mengatasi gejala flu & batuk kamu.

Yogurt

Yogurt juga merupakan salah satu sumber probiotik dan protein yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan melawan virus penyebab sakit flu. Selain itu, probiotik yang terkandung di dalam yogurt juga mampu menekan pertumbuhan bakteri jahat, jadi bisa membantu kamu dalam mengatasi gejala flu & batuk.

Eits, gak cuma konsumsi makanan sehat aja ya guys untuk atasi gejala flu & batuk, tapi kamu juga perlu memperbanyak istirahat dengan tidur selama 7–9 jam setiap malam. Nah kalo kamu mulai gejala flu & batuk, jangan dibikin pusing! Kamu bisa mengonsumsi makanan diatas dan jangan lupa minum obat juga ya.


Share This Article  

READ OTHERS