Keramas Setelah Kehujanan Bisa Mengurangi Sakit Kepala, Mitos Atau Fakta?

Hmmm bener nggak ya?

Pergantian musim kadang bikin orang jadi gampang sakit. Misal saat mau pulang kerja terus di perjalanan kehujanan, besoknya bisa bisa kena flu, demam atau masuk angin. Hal tersebut sebenarnya terjadi karena tubuh nggak bisa mengimbangi perubahan suhu yang terlalu drastis pas kamu kehujanan.

 

Kalo udah sakit kepala gitu, bawaannya pengen siram kepala pake air aja. Tapi ada aja yang bilang kalo keramas setelah kehujanan malah bikin kepala tambah puyeng.

 

Apa benar keramas setelah kehujanan bisa mengurangi sakit kepala?

 

Nggak sedikit orang yang berpendapat kayak gini loh, Guys. Kalo ditelaah dari penyebabnya, ketika terguyur air hujan, suhu tubuh yang panas akan “kaget” saat terkena air hujan yang suhunya dingin. Cuaca dingin juga dapat menyebabkan pembuluh darah jadi menyempit. Hal ini terjadi sebagai respon alami tubuh buat mempertahankan panas tubuh supaya nggak kedinginan. Namun di sisi lain, penyempitan pembuluh darah tersebut juga mengakibatkan aliran darah yang mengandung oksigen ke seluruh tubuh jadi nggak lancar. Jika otak tidak mendapatkan cukup oksigen, kamu bakal merasa pusing atau sakit kepala setelah hujan-hujanan.

 

Belum ada penelitian yang menyebutkan bahwa keramas setelah kehujanan bisa mengurangi sakit kepala. Akan tetapi, mandi dengan air hangat bisa membantu melebarkan pembuluh darah sehingga aliran oksigen jadi lebih lancar. Nah, hal tersebut yang dapat membantu mengurangi sakit kepala atau pun demam karena kehujanan.

 

Jadi, pendapat keramas setelah kehujanan bisa mengurangi sakit kepala masih jadi sebuah mitos. Faktanya, mandi dengan air hangat dapat membantu mengurangi sakit kepala atau demam karena kehujanan. Jangan percaya mitos ya, lebih baik percaya dengan faktanya aja.

 

Nah, jika sudah sakit kepala, daripada dengerin mitos-mitos, mending langsung lakuin langkah pasti aja. Contohnya dengan minum obat sakit kepala, agar kepala kembali terasa nyaman, kamunya juga bisa beraktivitas dengan lancar.

 

Ngomongin obat sakit kepala, selalu gunakan obat tersebut sesuai aturan yang dianjurkan oleh dokter ya. Atau bisa juga baca aturan pakai yang ada di kemasan obatnya.

 

Mengonsumsi obat-obatan tidak sesuai aturan bisa membahayakan diri sendiri. Termasuk juga mengonsumsi obat-obatan untuk kebutuhan yang tidak sesuai anjuran dari obat tersebut. Konsultasi langsung dengan dokter juga membuat kamu lebih aman.