Fun Facts Cepat Paramex
Ini Bedanya Sakit Kepala, Migrain, dan Vertigo

Ini Bedanya Sakit Kepala, Migrain, dan Vertigo

Sakit kepala, migrain, dan vertigo adalah gangguan pada kepala yang paling sering terjadi. Namun, karena gejalanya hampir mirip, sebagian besar orang jadi tidak bisa membedakannya. Padahal ketiga penyakit ini ada perbedaannya loh. Mulai dari rasa sakit, durasi, dan rasa sakitnya itu sendiri.

 

Biar tau lebih jelas mengenai sakit kepala, migrain, dan vertigo, simak info dari Paramex berikut ini yuk!

 

Sakit Kepala

Sakit kepala sendiri dibagi menjadi 2 yaitu sakit kepala klaster dan sakit kepala tipe tegang. Sakit kepala klaster berupa nyeri kepala hebat yang durasi sakitnya antara 15-180 menit. Ini bisa muncul 8 kali sehari. Tempat sakitnya sendiri berada di area mata, alis dan pelipis. Selain itu, disertai mata merah, pupil mengecil, pilek dan berkeringat.

 

Sedangkan sakit kepala tegang, rasa sakitnya kayak kepala sedang diikat atau ditindih beban. Biasanya mempunyai durasi 30 menit sampai 7 hari. Sakitnya pun berada di kedua sisi kepala, disertai rasa kaku pada leher dan bahu.

 

Migrain

Nah, kalau migrain, nyerinya berdenyut, Guys. Biasanya hanya terjadi pada satu sisi kepala saja. Umumnya, mempunyai durasi sakit sekitar 4 sampai 72 jam. Sedangkan gejala penyertanya bisa mual, muntah, keringat dingin, dan juga lebih sensitif terhadap cahaya dan suara.

 

Vertigo

Sebenarnya, vertigo ini bukan termasuk sakit kepala. Namun, ini adalah sebuah kondisi kehilangan keseimbangan yang disertai dengan rasa pusing. Rasa sakitnya berupa pusing seperti berputar-putar. Umumnya, seluruh badan akan merasa ringan, sempoyongan, dan kehilangan keseimbangan. Selain itu, telinga juga berdenging dan bisa disertai mual serta muntah.

 

Nah, itu lah perbedaan sakit kepala, migrain, dan vertigo ya, Guys! Semoga bermanfaat yaaa.


Share This Article  

READ OTHERS