Hal-Hal Yang Harus Dipersiapkan Di Musim Hujan

Di musim hujan emang harus disiapkan berbagai hal biar gak bikin pusing.

Sekarang memasuki musim hujan ya guys! Banyak hal yang mungkin aja terjadi. Mulai dari banjir, rumah bocor, sampai sakit gara-gara dihajar hujan melulu yang bikin pusing banget! Santai aja #JanganDibikinPusing emang kalo lagi musim hujan gini harus ada persiapan buat ngadepin situasi kayak begitu. Apa aja sih yang harus disiapin?

 

1. Jauhkan Barang Berharga Dari Titik Bocor

Kalo rumah pada bocor emang bisa bikin pusing banget gara-gara barang-barang bisa pada rusak. #JanganDibikinPusing pas musim hujan datang, harus melakukan persiapan di antaranya jauhkan barang berharga dari titik bocor dan simpan di tempat yang aman seperti surat-surat berharga, draft kerjaan atau skripsi, pakaian sampai barang elektronik.

 

2. Letakan Barang Elektronik Di Tempat yang Tinggi

Ini salah satu hal yang cukup berbahaya karena bisa membahayakan jiwa yaitu barang elektronik. Jika terkena air banjir, bisa menyalurkan arus listrik. Jika banjir tidak terlalu tinggi, tempatkan barang-barang elektronik di tempat yang agak tinggi supaya tidak menyalurkan arus listrik. Jika memiliki rumah di kawasan rawan banjir, baiknya meletakan saklar di tempat yang tinggi karena sangat membahayakan. Kalo banjir diperkirakan akan cukup tinggi, matikan listrik dan tinggalkan rumah dalam keadaan aman supaya tidak terjadi arus pendek listrik.

 

3. Persiapkan kendaraan dengan baik

Nah untuk yang sering berkegiatan di luar rumah dan menggunakan kendaraan, cek kembali kendaraan supaya keadaan yang baik. Pastikan mesin kendaraan aman supaya ketika diharuskan melewati wilayah banjir dapat dilewati dengan aman. Kedua, pastikan ban kendaraan dalam kondisi yang baik khususnya yang menggunakan sepeda motor karena sangat membahayakan saat melewati hujan deras dan jalanan pasti licin. Jika kondisi ban kendaraan dalam kondisi kurang baik dapat membuat kamu tergelincir saat berkendara.

 

4. Siapkan obat-obatan

Salah satu yang wajib dipersiapkan adalah obat-obatan untuk keadaan darurat apalagi kamu tinggal di kawasan rawan banjir. Persiapkan obat penurun demam, obat alergi atau gatal sampai obat batuk. Nah jangan lupa selalu sedia Paramex buat menghilangkan rasa pusing karena kehujanan.