Healthy Tips Cepat Paramex
Habis Vaksin Booster, Lemesin Aja Bestie!

Habis Vaksin Booster, Lemesin Aja Bestie!

Ternyata vaksin Covid-19 booster juga bisa menimbulkan efek samping seperti demam, kelelahan, sakit kepala, meriang, nyeri otot, mual, muntah, dan diare. Namun, efek samping vaksin booster tersebut berbeda-beda setiap orang. Ada yang mengalami efek samping dalam hitungan hari, ada juga yang tidak merasakan efek samping apapun.

Tapi, manfaat vaksin jauh lebih besar dibandingkan efek sampingnya. Makannya jangan dibikin kaku ya bestie, lemesin aja dengan tips dibawah ini untuk mengurangi efek sampingnya:

Kompres area suntikan bila terasa nyeri

Kalau lengan atau area tubuh yang disuntik terasa sakit, coba kompres dengan es untuk meredakan nyeri dan bengkak. Mengompres dengan air hangat juga bisa dilakukan untuk melemaskan otot pada bagian tubuh yang disuntik.
 

Minum air putih yang cukup

Menurut ahli kedokteran Westmed Medical Group, Nicholas Pantaleo, istirahat yang cukup dan minum air yang cukup selama satu hingga dua hari vaksin akan membantu mempercepat pemulihan efek vaksin. Sebelum vaksin, kamu juga disarankan untuk menambah asupan air minum sebanyak satu liter untuk membantu meminimalisir dampak vaksin. Usahakan untuk tetap tambah asupan cairan sampai dua hari usai vaksin ya!

Hindari aktivitas berat

Cara mengatasi atau mengurangi efek samping vaksin booster lainnya adalah menghindari aktivitas berat setelah vaksinasi. Kamu juga disarankan untuk sering melatih lengan kamu sebelum vaksinasi. Dan kalau sudah vaksin kamu disarankan untuk mengistirahatkan lenganmu selama satu hingga dua hari, sebab menggerakkan lengan secara berlebihan setelah vaksin bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh.

Jadi, kalau kamu vaksin booster dan merasakan efek sampingnya, jangan panik ya! Kamu bisa ikuti tips dari Paramex diatas untuk mengatasi atau mengurangi efek samping vaksin booster.


Share This Article  

READ OTHERS