Fun Facts Cepat Paramex
Galau Kumat Karena Gajian Cuma Numpang Lewat? Jangan Dibikin Drama!

Galau Kumat Karena Gajian Cuma Numpang Lewat? Jangan Dibikin Drama!

Penyebab galau ternyata bukan karena masalah hati aja lho, tapi bisa juga karena masalah psikis seperti stres. Pemicu stres juga bisa karena pekerjaan atau finansial, contohnya gaji. Siapa sih yang gak kepikiran kalau gajian cuma numpang lewat?

Ternyata kunci dari bebas stres finansial terletak pada pengelolaan gaji yang bijak, karena sedikit atau banyak gaji tetap akan habis apabila tidak dikelola. Selain untuk biaya hidup serta tabungan, alokasi dana darurat juga sangat penting lho.

Nah supaya galau kamu gak kumat karena gaji cuma numpang lewat, kamu bisa ikuti tips cara kelola gaji dibawah ini dengan cermat.

Alokasikan Sesuai Kebutuhan

Mengatur gaji penting dilakukan agar bisa dialokasikan dengan baik. Atur prioritas pengeluaran sesuai kebutuhan, bukan keinginan. Disiplin atur gaji bisa kamu mulai dengan membuat alokasi gaji bulanan. Alokasi dibawah ini bisa jadi referensi kamu loh dalam mengatur gaji:

40% untuk biaya hidup

20% untuk cicilan

30% untuk investasi dan tabungan

10% untuk dana darurat

Catat Cash Flow

Buatlah catatan pengeluaran dan pemasukan, lalu evaluasi kemana larinya pengeluaran kamu. Apakah sebagian besar gajimu lari ke kebutuhan pokok atau ke hal yang bersifat keinginan saja yang sebenarnya belum diperlukan. Jika ternyata lebih mengedepankan keinginan daripada kebutuhan, maka mulailah perbaiki cashflow kamu sedini mungkin.

Karena jika tidak diperbaiki sudah pasti tidak akan memiliki aset untuk ditabung, berinvestasi, maupun proteksi guna mempersiapkan masa depan. Alhasil nantinya kamu malah kepikiran tiap bulan, karena gaji cuma numpang lewat.

Pisahkan Rekening Tabungan

Menabunglah di awal ketika baru saja menerima gaji dan pisahkan rekening tabungan dengan rekening pengeluaran sehari-hari. Memisahkan antara keuangan harian dan keuangan tabungan sangat penting, karena hal ini akan membuat pengelolaan keuangan lebih efektif dengan tidak mengganggu tabungan kamu.

Itu dia beberapa tips yang bisa jadi referensi kamu untuk atur gaji. Jadi jangan dibikin drama lagi kalo gajian cuma numpang lewat, mungkin selama ini kamu belum mengaturnya dengan baik.


Share This Article  

READ OTHERS