Dompet Tipis Pas Mau Liburan? Ini Solusinya!

Supaya liburan semakin menyenangkan, kebanyakan orang merasa bahwa mereka harus menghabiskan uang yang banyak. Istilah “ada harga, ada barang” biasanya menjadi pokok pemikiran ketika akan berlibur. Namun gak selamanya itu bener lhoo.. Siapa bilang kamu gak bisa liburan senang-senang dan tidak nguras kantong?

 

Sebentar lagi kita akan memasuki liburan tahun baru nih. Biasanya, pada akhir tahun, saatnya orang-orang memiliki waktu luang untuk berlibur bersama keluarga tercinta. Gak heran banyak orang yang menanti-nantikan momen ini. Supaya liburan semakin menyenangkan, kebanyakan orang merasa bahwa mereka harus menghabiskan uang yang banyak. Istilah “ada harga, ada barang” biasanya menjadi pokok pemikiran ketika akan berlibur. Namun gak selamanya itu bener lhoo.. Siapa bilang kamu gak bisa liburan senang-senang dan tidak nguras kantong?

 

Liburan seru tuh gak harus keluar negri kali, banyak kok tempat liburan di Indonesia yang bisa kamu eksplor lagi. Karena liburan di Indonesia gak beda mata uang jadi kamu bisa perkirain deh tuh budgetnya yang pas tapi tetep bisa happy di tempat liburan.

 

Jadi, buat kamu yang ingin liburan hemat dan menyenangkan, ayo baca tips berikut ini!

 

1. Cari tahu tempat liburan yang ingin kamu kunjungi

 

Sebelum pergi berlibur, kamu pasti harus menentukan kemana kamu akan pergi. Untuk memastikan bahwa tempat yang kamu ingin datangi itu cocok dengan ekspektasi kamu. Kamu bisa cari tahu melalui internet, buku-buku wisata, atau brosur dari agen travel.

Selain itu, dengan melakukan survei kamu bisa mulai menghitung perkiraan uang yang kamu butuhkan untuk berlibur ke tempat yang kamu tuju, dan juga kamu bisa mengetahui jika ada promosi atau diskon sehingga kemauan kamu untuk berhemat menjadi lebih mudah.

 

2. Ajak teman-teman

 

Liburan rame-rame pasti seru dong? Ini juga bisa jadi salah tips liburan yang menyenangkan juga nih. Selain pergi sama temen-temen, kamu bisa eksplor tempat baru dan pergi dengan rombongan kamu bisa mengirit budget juga karena kamu bisa ajak teman kamu untuk patungan tempat menginap, transportasi, hingga makan juga lhoo..

 

3. Utamakan kenyamanan

 

Lupakan tentang liburan mewah jika kamu mau berhemat. Namun jangan sampai karena kamu sangat berhemat, liburan jadi gak nyaman. Utamakan kenyamanan kamu, baik waktu milih transportasi, tempat tinggal, atau pemandu liburan. Asalkan nyaman, semua pasti akan senang. Dan pastinya akan lebih menyenangkan lagi jika kamu bisa liburan dengan nyaman, mewah, tapi murah.

 


 

4. Bawa uang cash

 

Jangan lupa untuk selalu bawa uang tunai saat liburan, dengan kamu menyediakan uang tunai kamu bisa memprediksi pengeluaran kamu pas lagi liburan nanti. Kan gak semua toko menyediakan mesin EDC, tapi kalau kamu pergi ke tempat yang masih jarang penduduknya. Kamu bisa sediakan uang tunai secukupnya ya.

 

Nah, gimana nih sekarang udah bisa liburankan sekarang? Liburan tuh #jangandibikinpusing, dinikmatin aja melihat suasana pantai atau pegunungan yang indah. Masih pusing juga? Udah jangdeh jangan repot, bawa Paramex obat sakit kepala ya!