8 Mitos di Indonesia Beserta Alasan Logisnya

Benarkah Duduk Depan Pintu Bikin Sulit Dapat Jodoh?

Walaupun zaman sudah berubah dan teknologi semakin maju, bukan berarti mitos-mitos yang dipercaya atau dianut di masyarakat dan dipercayai selama bertahun-tahun secara turun temurun akan sirna.

Sampai sekarang ini, Anda tetap akan masih dapat menjumpai mitos-mitos di msayarakat baik yang sudah perlahan tidak lagi digunakan atau yang masih kuat dianut oleh masyarakat. Berikut ini beberapa mitos yang yang beredar dan terus dipercayai di masyarakat beserta penjelasannya:

Duduk di depan pintu sulit jodoh

Di daerah sub-urban, banyak orang tua yang benar-benar melarang anak mereka yang masih belum menikah, khususnya para wanita, untuk duduk di depan pintu karena akan sulit untuk mendapatkan jodoh.

Secara ilmiah, belum ada pembuktian akan mitos tersebut. Namun apabila dipandang dari sudut pandang realistis, seorang anak yang belum menikah duduk di depan pintu dapat menghalangi orang yang akan keluar masuk dan bisa jadi orang tersebut membawa kabar gembira, seperti lamaran dan sejenisnya. Selain itu, dengan duduk di depan pintu, maka dapat menyimbolkan sifat pemalas karena hanya duduk-duduk saja dan tidak bekerja.

Dilarang potong kuku malam hari

Larangan untuk tidak memotong kuku di malam hari, sampai sekarang juga masih banyak dianut oleh masyarakat Indonesia. Ternyata, larangan ini bukan karena ada unsur mistis atau sejenisnya, melainkan pada zaman dahulu ketika lampu dan listrik belum ada, maka hanya lampu templok atau lilin saja yang digunakan sebagai penerangan di kala malam. Dan ketika memotong kuku, maka dikhawatirkan mata tidak awas sehingga melukai diri sendiri.

Larangan menyapu di malam hari, membuang rezeki

Seperti halnya larangan potong kuku di malam hari, masih karena belum tersedianya listrik dan lampu, mitos larangan menyapu di malam hari karena dapat membuang rezeki ada benarnya. Karena dengan penerangan yang kurang, maka ketika ada uang atau barang berharga yang tak sengaja terjatuh dan ikut tersapu, maka hilang sudah rezeki yang dimiliki.

Wanita hamil dilarang keluar malam

Menurut mitosnya, jika wanita yang sedang hamil keluar malam, maka roh-roh jahat akan mengganggu janin. Akan tetapi, secara medis mitos tersebut dapat dijelaskan karena udara malam yang cenderung lebih didominasi karbon dioksida (CO2) memang tidak baik bagi janin dalam kandungan.

Tidak boleh tidur di bawah pohon saat malam hari

Larangan seperti ini juga banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia, karena bagi mereka yang tidur di bawah pohon saat malam hari, maka jin atau makhluk halus penungguh pohon dapat mengambil nyawa mereka.

Secara ilmiah, memang tidak dianjurkan untuk tidur di bawah pohon pada malam hari karena pada saat itu, pohon akan mengeluarkan banyak karbon dioksida dan menyerap oksigen (O2).

Mandi malam hari menyebabkan reumatik

Tentu Anda sering mendengar bahwa ada larangan untuk mandi di malam hari karena dapat menyebabkan reumatik. Secara medis, tidak ada penjelasan apapun tentang hal ini dan juga para pakar medis mengatakan bahwa tidak ada hubunfan antara mandi di malam hari dengan reumatik. Bahkan jika seseorang dalam keadaan fisik prima, sah-sah saja untuk mandi kapanpun. Hanya saja, jika kondisi tubuh sedang menurun, maka dianjurkan untuk tidak mandi air dingin.

Ketindihan adalah ulah makhluk halus

Ketika tidur dan tiba-tiba badan terasa berat, tidak dapat bergerak atau bersuara serta melihat sosok-sosok menyeramkan, itu adalah tanda dari tindihan karena ulah makhluk halus. Benarkan begitu? Menurut dunia medis, hal tersebut dinamakan dengan sleep paralysys yang disebabkan karena ketidakseimbangan antara sinyal yang masuk dan keluar dari/dalam otak. Dikarenakan hal itu, maka organ tubuh tidak dapat menerima perintah otak dan membuatnya tidak dapat bergerak. Tidak hanya itu saja, karena sinyal yang kacau tersebut, membuat seseorang berhalusinasi seperti mendengar suara atau melihat sosok misterius.

Di daerah Anda pun pasti banyak ya, mitos sejenis yang masih dipercaya masyarakat? Bagikan di sini yuk, supaya kita bisa belajar untuk menggali makna di baliknya!