5 Tips Gak Drama Ngadepin Temen Yang Suka Minjem Uang

Temen suka ngutang, ke laut aja

Hayo siapa yang punya temen suka minjem duit? Yaaa siapa tau memang uang lagi butuh buat hal yang penting banget. Tapi terkadang ada aja yang suka minjem uang yang sebenernya buat hal yang nggak penting. Kadang yang suka bikin kesel kalo ada temen yang minjem duit, tapi ditagihnya harus berkali-kali dan malah dia yang lebih galak. Hal kayak gini yang suka bikin drama di pertemanan loh.

 

Udah deh jangan dibikin drama lagi. Paramex punya tipsnya nih biar kamu bisa menghadapi temen yang suka minjem uang.

 

1. Tanyakan keperluannya

Terkadang ada aja tuh komentar, “Bukan urusan lo”, ketika ditanya keperluannya. Tapi sebenernya kamu berhak untuk menanyakan hal ini supaya kamu tau akan digunakan untuk apa uang tersebut. Jadi, kamu nggak asal minjemin uang deh biar doi nggak kebiasaan minjem uang buat hal yang nggak penting.

 

2. Tanyakan soal pembayarannya

Pastikan kamu menanyakan hal ini. Jadi ketika ditagih, ada dasar perjanjiannya. Kalo lebih galak dia pas ditagih, bicarakan ke doi kalo kamu nggak akan minjemin uang lagi. Tapi, terkadang temen ada aja yang belum tau kapan baru bisa bayarnya. Ini adalah kasus spesial karena mungkin dia sedang kekurangan banget sehingga nggak tau kapan bisa membayar hutangnya. Paling penting tetap ajak dia berkomunikasi aja yaa.

 

3. Jangan sesumbar di depan teman

Jangan pernah sesumbar kamu punya uang berlebih ketika di depan temen yang suka meminjam uang. Karena ketika hal tersebut dilakukan, dia punya celah untuk meminjam uang kembali. Dan kalo susah ditagihnya, berarti akan ada drama lagi di pertemanan kalian.

 

4. Catat hutangnya

Nah, hal suka dilupa ketika temen minjem uang adalah jumlahnya. Mulai sekarang, lebih baik kamu catat jumah uang yang dipinjam sehingga ketika menagihnya juga enak karena punya catatan pastinya. Jadi nggak bakal ada drama deh di antara kalian.

 

Nah ini lah hal yang perlu kamu lakukan biar nggak drama buat ngadepin temen yang suka minjem uang. Kalau nggak yakin akan dibayar utangnya, mendingan jangan dipinjemin daripada risiko. Uang nggak balik ditambah pertemanan bisa hilang deh.